Esai

Triple Filter Test

Sebenarnya saya tidak suka membicarakan orang lain tanpa ada orang yang bersangkutan selama orang tersebut masih bisa diajak bicara dengan baik, ya kalau sudah kelewat batas, biasanya saya bicarakan dengan orang-orang yg saya percaya dan mempunyai kapasitas untuk memberikan solusi. Tapi sedapat mungkin saya menghindari perdebatan kusir yang ujung-ujungnya hanya menambah pokok persoalan tanpa ada satu pun solusi. Di jaman yang modern ini malah nilai-nilai seperti itu perlahan menghilang. Padahal dulu nilai-nilai seperti itu masih bertahan (katanya orang-orang sepuh begitu sih dan dari literatur-literatur yang pernah saya baca).

Sebagai contoh, di Yunani kuno dulu, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat. Suatu hari seseorang datang padanya dan terjadilah percakapan.

Seseorang:
“Tahukah anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?”

socrates:
“Sebelum anda menceritakan apa pun kepada saya, saya akan memberikan suatu tes sederhanga, Triple Filter Test.

seseorang :
“triple filter test?”

socrates :
“benar,sebelum kita membicarakan tentang teman saya, saya kira bagus kalau kita mengambil waktu beberapa saat, dan menyaring apa yang anda katakan.”
“Filter yang pertama adalah kebenaran.”
“Apakah anda yakin sepenuhnya bahwa yang akan anda katakan kepada saya benar?”

seseorang :
“tidak, sebenarnya saya hanya mendengar tentang itu.”

socrates :
“baik,jadi anda tidak yakin bila itu benar. Baiklah sekarang saya beri filter yang kedua, filter kebaikan. Apakah yang anda katakan tentang teman saya, sesuatu yang baik?”

seseorang :
“tidak,malah sebaliknya.”

socrates:
“jadi,anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi anda tidak yakin apakah itu benar. Anda masih memiliki satu kesempatan lagi karena masih ada satu filter lagi, yaitu filter kegunaan. Apakah yang anda katakan kepada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya atau bagi anda?”

seseorang :
“tidak, sama sekali tidak.”

socrates :
“jadi, kalau anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar, buruk dan bahkan tidak berguna, mengapa anda harus menceritakannya kepada saya?”

lantas orang tadi tadi tanpa sepatah kata pun, menyadari kecerobokannya.

Itu baru dari seorang tokoh, aku yakin sebagai umat beragama hal semacam itu juga lebih tegas dilarang oleh agama.
So, hati-hati, jangan sampai lidah anda kesandung..

Standar

4 thoughts on “Triple Filter Test

  1. wanspeak berkata:

    terkadang tanpa sadar, lidah kita keseleo dan mengiris hati orang lain, butuh sebuah latihan untuk membiasakan diri berbicara yang baik

Tinggalkan Balasan

